Para Guru TK dan PAUD di Probolinggo Minta Perhatian Dari Pemerintah
Rabu, 08-11-2023 - 07:43:32 WIB
Baca juga:
   
 

Probolinggo - Dalam rangka mewujudkan anak didik yang cinta Al Quran, beriman, bertaqwa, kreatif, sehat, ceria dan berakhlak mulia,

TK/PAUD RA AZIDAN Jl. KH FADHOL no. 44 Kademangan Probolinggo kepala TK/PAUD dan para guru mengawali kegiatan paginya bersama anak-anak didiknya di mushola dengan mengajarkan anak anak untuk sholat dan menghafal Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan memasuki ruang kelas untuk melaksanakan kegiatan yang lain, Selasa (7/11/2023).

Guru TK memiliki jasa yang sangat luar biasa dalam membentuk jiwa dan karakter anak bangsa. Sudah semestinya Pemerintah Pusat dan daerah agar lebih bersungguh-sungguh untuk mensupport dan memberikan perhatian lebih serta meningkatkan kepeduliannya terhadap guru guru TK dan PAUD, khususnya kepada TK RA AZIDAN Kademangan, termasuk juga kepada jasa-jasa penitipan anak yang ada di Kabupaten/kota Probolinggo.

Pendidikan karakter mempunyai makna lebih tinggi dari pendidikan moral karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, tetapi membantu anak-anak merasakan nilai-nilai yang baik, mau dan mampu melakukannya.

Pembentukan karakter pribadi anak (character building) sebaiknya
dimulai dalam keluarga karena interaksi pertama anak terjadi dalam lingkungan keluarga. Pendidikan karakter sebaiknya di terapkan sejak anak masih usia dini, karena pada usia dini karena sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya.

Pendidikan karakter pada anak usia dini dapat mengantarkan anak pada matang dalam mengolah emosi. Kecerdasan emosi adalah bekal penting dalam mempersiapkan anak usia dini dalam menyongsong masa depan yang penuh
dengan tantangan, baik secara akademis maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saat dikonfirmasi awak media kepala TK RA AZIDAN Kademangan SUHANIK S. pd. menuturkan bahwa dirinya merupakan perintis pertama TK RA AZIDAN dirinya sudah 15 tahun mengabdi sebagai guru honor, mirisnya honor yg diterima sampai saa ini bersama guru guru honor yg lainya antara 250.000 – 300. 000, per bulan.

"Status Saya masih honor yayasan, belum honor kontrak daerah pppk atau PNS kami dan guru guru honor yg lain menerima honor 250.000 – 300.000 perbulan, harapan kami kedepan ada perhatian khusus untuk guru guru kami yang sudah lama mengabdi, baik dari pemerintah pusat maupun daerah untuk kesejahteraan kami," harapnya.

Menurut undang-undang No.20 pasal 1 butir 14 tahun 2003 tentang
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang
ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih la lanjut, Undang-undang No.20 tahun 2003 pasal 9 ayat 1 menegaskan setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai minat dan bakatnya. Alasan pentingnya PAUD adalah: 1. anak usia dini adalah masa peka yang memiliki perkembangan fisik, motorik, intelektual dan sosial sangat pesat, 2. tingkat variabelitas kecerdasan orang dewasa, 50%sudah terjadi ketika masa usiadini (4 tahun pertama), 30% berikutnya pada usia 8 tahun dan 20% setelah mencapaiusia 18 tahun, 3. Anak usia dini berada pada masa pembentukan landasan awal bagi tumbuh dan kembang anak. Pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting dilaksanakan sebagai dasar bagi pembentukan kepribadian manusia secara utuh, yaitu untuk pembentukan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, ceria, terampil, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan anak usia dini dapat dimulai dari rumah atau dalam pendidikan keluarga.

Berdasarkan undangundang di atas maka pendidikan karakter sangatlah penting untuk membangun beradaban bangsa, pendidikan karakter tersebut seharusnya sudah ditanamkan sejak anak usia dini sehingga mereka sangat tepat jika di jadikan komunitas awal pembentukan karakter karena anak berada pada usia emas
(golden age).

Menurut Undang undang RI nomor 14 tahun 2005 pasal 24 menyebutkan bahwa

Pemerintah wajib memenuhi kebutuhan guru, baik dalam jumlah, kualifikasi akademik, maupun dalam kompetensi secara merata untuk menjamin keberlangsungan satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal serta untuk menjamin keberlangsungan pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Pemerintah provinsi wajib memenuhi kebutuhan guru, baik dalam jumlah, kualifikasi akademik, maupun dalam kompetensi secara merata untuk menjamin keberlangsungan pendidikan menengah dan pendidikan khusus sesuai dengan kewenangan.

Pemerintah kabupaten/kota wajib memenuhi kebutuhan guru, baik dalam jumlah, kualifikasi akademik, maupun dalam kompetensi secara merata untuk menjamin keberlangsungan pendidikan dasar dan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal sesuai dengan kewenangan.

Penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah yang diselenggarakan oleh masyarakat wajib memenuhi kebutuhan guru-tetap, baik dalam jumlah, kualifikasi akademik, maupun kompetensinya untuk menjamin keberlangsungan pendidikan.

(Sudirlam)




 
Berita Lainnya :
  • Peran UHC di Madina Dipertanyakan
  • Pjs Bupati Pasaman Edi Dharma Terima Penjelasan Tahapan dan Persiapan Pilkada dari Ketua KPU
  • Antony Sinaga Soroti Kinerja PJ.Gubernur & PJ/PJS Bupati/Walikota Dalam Menangani Deflasi
  • Bamsoet Ajak Kalangan Usaha Dukung Program Makan Bergizi Gratis Presiden Terpilih Prabowo Subianto
  • Masyarakat Desa Batu Sundung Minta Kejari Paluta Usut Tuntas Dugaan Korupsi PSR
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Peran UHC di Madina Dipertanyakan
    02 Pjs Bupati Pasaman Edi Dharma Terima Penjelasan Tahapan dan Persiapan Pilkada dari Ketua KPU
    03 Antony Sinaga Soroti Kinerja PJ.Gubernur & PJ/PJS Bupati/Walikota Dalam Menangani Deflasi
    04 Bamsoet Ajak Kalangan Usaha Dukung Program Makan Bergizi Gratis Presiden Terpilih Prabowo Subianto
    05 Masyarakat Desa Batu Sundung Minta Kejari Paluta Usut Tuntas Dugaan Korupsi PSR
    06 Tim Putra Purbarasa Dan Tim Putri Vita Solo Juarai Dandim Boyolali Cup
    07 Mendagri Apresiasi Capaian Inflasi 1,84 Persen Berkat Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah
    08 Kapolres Kuansing Pimpin Apel Akbar Polisi RW, Wujudkan Kamtibmas Jelang Pilkada 2024
    09 Simpan Sabu, Pria Pengganguran Ditangkap Sat Narkoba Polres Tebing Tinggi
    10 Kejati Maluku Menerima Kunjungan Kerja Danlantamal IX Ambon
    11 Misteri Bimtek Guru dan Kasek Menghantui di Madina
    12 Pembukaan Peparnas 2024, Pj Gubernur Fatoni Optimis Sumut Mampu Lampaui Target
    13 Cegah TPPO, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam Gelar Penyuluhan Desa Binaan Triwulan III
    14 Tidak Main-main, 80 Titik Kampanye Dikunjungi Danny-Azhar dalam Sepekan
    15 Antisipasi Banjir, Personel Kodim 1306/Kota Palu dan Masyarakat Lakukan Normalisasi Sungai Bambasiang
    16 Anak-Anak Kaboneri Sambut Gembira Papua Pintar Habema
    17 PGRI Sumut, Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila
    18 Kapolsek Tempuling, AKP Osben Samosir Pimpin Pengamanan Kampanye Dialogis
    19 Ketua Umum RUBI Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh Dorong Bangun Ekonomi Kreatif Lewat Bonsai
    20 Babinsa Wonosegoro Sambangi dan Motivasi Warga Gilirejo
    21 Tingkatkan Kualitas Organisasi, DPP IMMAN Gelar Kaderisasi
    22 LKBH AMPI Deli Serdang Siap Berjuang untuk Masyarakat dan Dukung Kemenangan Asri Ludin
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © zoinnews.com