UPZ Mushola An Nur Rejasari Bantu Korban Lakalantas dan Sosialisasi Perisai BPJamsostek Pekerja Informa
Kamis, 08-02-2024 - 15:14:42 WIB
Baca juga:
   
 

Banyumas - Sebagai seorang takmir mushola, relawan Baznas, relawan kemanusiaan dan Penasehat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Mushola An Nur Rejasari Kecamatan Purwokerto Barat yang senantiasa bersama-sama pengurus UPZ An Nur bertugas menasehati, membina, mengawal, mengayomi, dan melayani masyarakat terkait dengan pengumpulan, pengelolaan, pentasarufan atau pemanfaatan dana Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS),

Ustadz Daryanto, nampak benar-benar menerapkannya di kehidupan sehari-hari, semangat, tekun dan rajin dalam melayani masyarakat. Seperti yang terlihat, pada hari ini Kamis (08/02/2024) bertepatan dengan peringatan Isra Miraj (27 Rajab 1445 H),

Penasehat, Ketua, Bendahara dan pengurus UPZ An Nur, melaksanakan silaturrahmi kerumah salah satu warga Rejasari, untuk mendo'akan, menyemangati dan menyerahkan bantuan uang tunai, kepada korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang terjadi pada hari Jum'at (02/02/2024) di dekat pompa bensin Kalibogor, Purwokerto Barat.

Penyerahan bantuan oleh Ustadz Daryanto, kepada Toipah korban laka lantas, yang keseharianya berjualan jamu gendong keliling, didampingi suami tercinta Zainal Abidin, yang keseharianya berjualan es di sekolah / madrasah, disaksikan oleh Putrinya, dan juga ketua, bendahara UPZ An Nur Rejasari, bertempat di rumah Toipah Rejasari Kecamatan Purwokerto Barat. Dan Bantuan bersumber dari ZIS masyarakat yang dikelola oleh UPZ An Nur.

Saat ramah tamah silaturrahmi, Ustadz Daryanto menuturkan laka lantas itu menyebabkan seorang ibu-ibu yang mengendari sepeda motor, habis mengisi bensin dan mau pulang setelah berjualan jamu keliling, menderita luka di bagian kaki kiri dan dipasang pen di salah satu rumah sakit terdekat, sempat dirawat inap selama 3 hari 3 malam, saat ini rawat jalan dan masa penyembuhan, mendapatkan bantuan penanganan medis di rumah.

"Untuk kondisi korban tersebut mengalami luka di bagian kaki kiri, dan dilakukan pemasangan pen, setelah mengalami benturan, namun untuk saat ini korban sudah rawat jalan dan masa pemulihan di rumah," terang Penasehat UPZ An Nur.

Atas kejadian itu, Ustadz Daryanto mengingatkan lagi ke masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam berkendara dan tetaplah mematuhi aturan berlalu lintas, dan bersama pengurus UPZ mengantarkan bantuan uang tunai, semoga bermanfaat dan berharap bisa meringankan kebutuhan selama belum bisa berjualan jamu, dan karena adanya dukungan, partisipasi penuh para muzakki, munfiq, masyarakat, donatur, serta mitra Baznas yang terus berkomitmen menjalankan amanah agama dalam kehidupan.

"Saya juga menekankan pentingnya pentingnya tata kelola dana zakat, infak, dan sedekah dengan menerapkan prinsip 3A, yakni aman syar'i, aman regulasi, dan aman NKRI, dan saya tambahkan khusus UPZ An Nur harus belajar tertib Administrasi serta transparan," tegasnya.

Ustad Daryanto, menambahkan kepada ketua, pengurus dan anggota UPZ An Nur, jika melihat ada warga dalam kesusahan, segera dibantu semampu kita dengan amanah atas dana ZIS masyarakat yang dipercayakan kepada kita, sesuai dengan visi misi Baznas. Pastikan UPZ An Nur selalu hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan pertolongan," Imbuhnya.

Dikesempatan itu, Ketua UPZ An Nur Asmah Aisiyah, menjelaskan UPZ merupakan kepanjangan tangan dari Baznas Kabupaten Banyumas dengan Surat keputusan (SK) dari Baznas Nomor : 04.01/SK.BAZNAS-BMS/I/2024, tertanggal 16 Januari 2024,

SK UPZ, kami terima pada saat acara Tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) BAZNAS ke-23 tahun 2024, yang bertajuk “Nikmatnya Berzakat, Tentram Muzaki, Bahagianya Mustahik”, diserahkan oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, diterima Ketua UPZ Mushola An Nur, jelasnya

Diakhir Kegiatan, Bendahara UPZ An Nur Sri Wakhyuni, didampingi Relawan Perisai BPJamsotek, juga melaksanakan sosialisasi Program Perlindungan Pekerja Informal atau disebut juga bukan penerima upah (BPU) kepada keluarga korban, dan juga kepada salah satu ketua RT di lingkungan sekretariat UPZ Mushola An Nur, perihal visi misi, manfaat, prosedur pendaftaran yang praktis, sayarat dan ketentuan peserta Perisai BPJS Ketenagakerjaan, kata Sri Wakhyuni.

Keagenan Perisai merupakan upaya BPJS Ketenagakerjaan atau lebih terkenal BPJamsostek, untuk meningkatkan kepesertaan semua pekerja bukan penerima upah (BPU), seperti tukang batu, tukang macul, tukang listrik, muntir, teknisi, tukang pengambil nila kelapa (nderes), pedagang di pasar, ojek, asisten rumah tangga, keamanan komplek dan sebagainya, yang akan mendapatkan perlindungan jaminan.

"Peserta BPJamsostek, dengan 2 program (JKK JKM) Rp16.800 per bulan, dan 3 program (JKK JKM JHT) Rp36.800 per bulan. Peserta saat berangkat, pulang, di tempat kerja, perjalanan dinas dan termasuk penyakit akibat kerja, akan merasa tenang, merasa aman karena sudah dikaver dan dijamin dengan JKK JKM JHT yang diikutinya," pungkas Sri Wakhyuni.

Sebelumnya, Toipah penerima bantuan, sangat senang dan bersyukur Alhamdulillah, berterima kasih atas silaturrahminya, terima kasih bantuanya, dan mendo'akan semoga UPZ An Nur semakin semangat meringankan beban masyarakat, semua pengurus dan anggota diberi umur panjang yang sehat wal'afiat, kegiatanya mendapatkan Ridlo Allah SWT, dan juga masyarakat semakin menyadari kewajibanya untuk berzakat, berinfaq, bersedekah, kata Toipah.

"Bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar Zakat, keutamaan Infaq, sedekah, tak peduli apapun profesi yang sedang dijalani. Jika ingin segera tunaikan ZIS dapat menghubungi UPZ Mushola An Nur Rejasari, Kec Purwokerto bARAT," ungkapnya

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab, anggota keluarga korban laka lantas dan juga ketua RT pun sangat antusias dalam bertanya tentang Perisai BPJS Ketenagakerjaan, apa itu JKK, JKM dan JHT dan dijelaskan oleh Relawan Perisai BPJamsostek, Bila berminat hubungi 088806657688. (Djarmanto-YF2DOI)

(Alf)




 
Berita Lainnya :
  • Pembukaan Peparnas 2024, Pj Gubernur Fatoni Optimis Sumut Mampu Lampaui Target
  • Cegah TPPO, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam Gelar Penyuluhan Desa Binaan Triwulan III
  • Tidak Main-main, 80 Titik Kampanye Dikunjungi Danny-Azhar dalam Sepekan
  • Antisipasi Banjir, Personel Kodim 1306/Kota Palu dan Masyarakat Lakukan Normalisasi Sungai Bambasiang
  • Anak-Anak Kaboneri Sambut Gembira Papua Pintar Habema
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Pembukaan Peparnas 2024, Pj Gubernur Fatoni Optimis Sumut Mampu Lampaui Target
    02 Cegah TPPO, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam Gelar Penyuluhan Desa Binaan Triwulan III
    03 Tidak Main-main, 80 Titik Kampanye Dikunjungi Danny-Azhar dalam Sepekan
    04 Antisipasi Banjir, Personel Kodim 1306/Kota Palu dan Masyarakat Lakukan Normalisasi Sungai Bambasiang
    05 Anak-Anak Kaboneri Sambut Gembira Papua Pintar Habema
    06 PGRI Sumut, Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila
    07 Kapolsek Tempuling, AKP Osben Samosir Pimpin Pengamanan Kampanye Dialogis
    08 Ketua Umum RUBI Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh Dorong Bangun Ekonomi Kreatif Lewat Bonsai
    09 Babinsa Wonosegoro Sambangi dan Motivasi Warga Gilirejo
    10 Tingkatkan Kualitas Organisasi, DPP IMMAN Gelar Kaderisasi
    11 LKBH AMPI Deli Serdang Siap Berjuang untuk Masyarakat dan Dukung Kemenangan Asri Ludin
    12 Mobil Ditarik Debt Collector BCA Finance Kebumen Saat Lagi Makan di Warung, Kini Dilaporkan ke Polisi
    13 Lembaga Garda Indonesia Satu Minta Kejagung RI Ambil Alih Kasus Penggunaan Dana PEN Rp78 Miliar di Batubara
    14 Sukseskan Peparnas XVII, 4.386 Atlet dan Ofisial Telah Tiba di Solo
    15 Pertemuan Asri Tambunan dengan dr. Robert Komaria Optimisme Baru untuk Kesehatan dan Pendidikan Deli Serdang
    16 Kemendagri Selenggarakan Training of Trainer Penginputan E-Walidata dan RPJPD SIPD RI
    17 Polres Sragen Beri Kejutan di HUT TNI Ke-79, Letkol Inf Ricky Julianto Wuwung Terharu
    18 PPPH Minta Polda Sumut Periksa Bimtek Kepala Desa Se-Paluta di Parapat dan Berastagi
    19 Danramil Karangmalang dan Warga Dukuh Jaten Guyub Bangun Talud Jalan Kampung
    20 Demi Bertemu Asri Ludin Tambunan dan M Boby Afif Nasution Rombongan Ibu-Ibu Rela Turuni Bukit
    21 Lampu Solar Cell Marinir Habema Terangi Sokamu
    22 Pengungkapan Kasus Narkoba di Polres Batubara Tahun Ini Alami Peningkatan
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © zoinnews.com