Ketua WGAB Madina Desak Pemkab dan Polres Madina Usut Tuntas Dugaan Kelalaian PT SMGP
Minggu, 25-02-2024 - 11:28:10 WIB
Baca juga:
   
 

Madina - Sebanyak 106 Warga di Kecamatan Puncak Sorik Marapi khususnya Warga dari Desa Sibanggor Julu menjadi korban diduga keracunan Gas H2S yang berasal dari PT. Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) pada kamis malam tanggal 22 Februari 2024 kemaren.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun berawal dari ketika PT.SMGP sedang melakukan uji coba pembukaan sumur bor di Welpad (V) yang berlokasi di Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal.

Pada saat uji coba dimulai diduga terjadi kebocoran sehingga mengakibatkan Gas H2S yang keluar dari sumur tersebut tercium oleh warga yang bermukim di wilayah terdekat pada posisi pengeboran yang akhirnya warga merasakan Mual dan Muntah, bahkan tidak sedikit yang tidak sadarkan diri yang akhirnya harus dilarikan ke 2 (dua) Rumah Sakit di Panyabungan yaitu, RSUD Panyabungan dan RSU Permata Madina dengan jumlah sebanyak 106 orang.

Atas insiden tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Swadaya Masyarakat-Wadah Generasi Anak Bangsa (DPC LSM-WGAB) Kabupaten Mandailing Natal *Mulyadi* mengatakan pada malam terjadinya tragedi memilukan itu ia juga ikut membantu melakukan evakuasi terhadap para korban yang terus berdatangan di RSU Permata Madina.

"Ya, pada malam kejadian diduga kebocoran pipa gas milik PT.SMGP saya juga beserta warga lainnya turut membantu melakukan evakuasi terhadap para korban yang dilarikan ke RSU Permata Madina," ungkapnya.

Menurut Mulyadi, Insiden ini terjadi tidak lain dan tidak bukan diduga merupakan suatu bentuk kelalaian dari PT. Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) yang menyebabkan timbulnya kegaduhan dan kepanikan ditengah-tengah masyarakat atas kinerja yang masih kurang Profesional dari Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi tersebut.

Dikatakannya lagi, sebelumnya insiden serupa pernah terjadi dan menurut perkiraan peristiwa berulang ini sudah merupakan yang ketujuh kalinya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, Mulyadi juga mengungkapkan ditahun 2022 pernah terjadi insiden yang sama sebanyak 2 (dua) kali dalam satu bulan itu yaitu, tanggal 16 september 2022 kebocoran terjadi di Wellpad T mengakibatkan kurang lebih 8 (delapan) orang harus dirawat instensif di Rumah Sakit akibat keracunan Gas H2S yang keluar dari sumur pengeboran milik PT.SMGP. belum lagi hilang trauma warga, insiden kedua kembali muncul pada tanggal 27 september 2022 dibulan itu juga dengan keluarnya aroma bau tidak sedap diduga Gas beracun H2S dari sumur pengeboran yang berada di Wellpad T-11 desa Sibanggor Julu sehingga mengakibatkan sedikitnya 79 orang harus dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan instensif.

Seharusnya tambah Ketua Wgab Madina ini , dari rentetan kejadian tersebut, PT.Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) lebih Profesional lagi untuk mengantisipasi tidak terulang kejadian yang sama, dan Selayaknya Pemerintah Daerah harus bertindak tegas demi melindungi Warganya dari serangan-serangan H2S atas kelalaian dari Perusahaan Panas Bumi tersebut.

Tapi sayang, Ternyata tragedi itu kembali terjadi, bocornya Pipa Gas dari sumur yang berlokasi di Wellpad V saat PT.SMGP melakukan uji coba telah membuat kepanikan yang lebih besar lagi dari sebelumnya.

Kelalaian Perusahaan Panas Bumi ini diduga terulang kembali dan mengakibatkan 106 Warga sibanggor Julu terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit akibat merasakan mual dan muntah, bahkan ada yang pingsan diduga keracunan Gas H2S dari aktifitas uji coba pembukaan sumur bor di Wellpad V yang berlokasi di Desa Sibanggor Julu.

"Ini sudah tidak bisa dibiarkan lagi, Pemerintah Daerah dan Kepolisian harus bertindak tegas terhadap Perusahaan Raksasa tersebut yang kerapkali menimbulkan kegaduhan dan banyaknya korban keracunan dalam setiap melakukan uji coba".sebut Mulyadi.

Ketua DPC LSM-WGAB Kabupaten Mandailing Natal, Mulyadi mendesak Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal beserta Kepolisian Resort Mandailing Natal untuk bersikap tegas dan tidak memberikan kelonggaran lagi terhadap PT. SMGP yang sudah mengkhawatirkan dan membuat warga terus dihantui rasa takut yang berkepanjangan.

"Pemkab Madina dan Polres Madina harus bersikap tegas, hilangkan ketakutan warga, Hentikan Aktifitas PT.SMGP agar tidak beroperasi lagi sebelum kinerja dan tanggung jawab Perusahaan dapat mereka tingkatkan dan benar-benar yakin tidak lagi menimbulkan ketakutan yang berkepanjangan," pungkas Mulyadi.

Penulis : Magrifatulloh .




 
Berita Lainnya :
  • Lembaga Garda Indonesia Satu Minta Kejagung RI Ambil Alih Kasus Penggunaan Dana PEN Rp78 Miliar di Batubara
  • Sukseskan Peparnas XVII, 4.386 Atlet dan Ofisial Telah Tiba di Solo
  • Pertemuan Asri Tambunan dengan dr. Robert Komaria Optimisme Baru untuk Kesehatan dan Pendidikan Deli Serdang
  • Kemendagri Selenggarakan Training of Trainer Penginputan E-Walidata dan RPJPD SIPD RI
  • Polres Sragen Beri Kejutan di HUT TNI Ke-79, Letkol Inf Ricky Julianto Wuwung Terharu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Lembaga Garda Indonesia Satu Minta Kejagung RI Ambil Alih Kasus Penggunaan Dana PEN Rp78 Miliar di Batubara
    02 Sukseskan Peparnas XVII, 4.386 Atlet dan Ofisial Telah Tiba di Solo
    03 Pertemuan Asri Tambunan dengan dr. Robert Komaria Optimisme Baru untuk Kesehatan dan Pendidikan Deli Serdang
    04 Kemendagri Selenggarakan Training of Trainer Penginputan E-Walidata dan RPJPD SIPD RI
    05 Polres Sragen Beri Kejutan di HUT TNI Ke-79, Letkol Inf Ricky Julianto Wuwung Terharu
    06 PPPH Minta Polda Sumut Periksa Bimtek Kepala Desa Se-Paluta di Parapat dan Berastagi
    07 Danramil Karangmalang dan Warga Dukuh Jaten Guyub Bangun Talud Jalan Kampung
    08 Demi Bertemu Asri Ludin Tambunan dan M Boby Afif Nasution Rombongan Ibu-Ibu Rela Turuni Bukit
    09 Lampu Solar Cell Marinir Habema Terangi Sokamu
    10 Pengungkapan Kasus Narkoba di Polres Batubara Tahun Ini Alami Peningkatan
    11 Kasad: Batalyon Penyangga Daerah Rawan Dukung Keamanan dan Percepatan Pembangunan
    12 Kerja Nyata untuk Masyarakat, Edi-Hasan Tepat Pimpin Sumut 2024-2029
    13 Polsek Tempuling Bersama Panwascam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Netralitas Pilkada 2024
    14 Buka IMX 2024 Bersama Menteri Perindustrian, Bamsoet Dorong Peningkatan Industri Modifikator Indonesia
    15 Dandim Boyolali Pimpin Doa Bersama dalam Rangka HUT Ke-79 TNI
    16 Orasi di FK USK, Pj Gubernur Safrizal: 25% Anak-anak Indonesia Bercita-Cita Jadi Dokter
    17 Satgas Yonif 642/Kps Bersama Dinas Kesehatan dan Masyarakat Laksanakan Senam Bersama
    18 Peduli, Pj. Walikota Tebing Tinggi Kunjungi Anak Putus Sekolah di Kelurahan Karya Jaya
    19 Tidak Ada Ampun Bagi ASN Pelanggar Pemilu di Pasaman, Gakumdu Terapkan Wilayah 'Zero Tolerensi'
    20 Sertu Heriyanto Bantu Masyarakat Pasang Paving Blok Jalan di DusunTegalombo
    21 Ingin Masyakarat Nilai Kualitas Pemimpinnya, Tim Danny-Azhar Soroti Jadwal Debat Dibatasi
    22 Kemendagri Minta Pemda Betul-Betul Pahami Perkembangan Inflasi
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © zoinnews.com