Mendagri Serahkan Penghargaan kepada Sejumlah Pemda di Anugerah Layanan Investasi 2024
Senin, 30-09-2024 - 23:10:22 WIB
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat Anugerah Layanan Investasi 2024 yang digelar oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (30/9/2023).
Baca juga:
   
 

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menghadiri Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2024 yang digelar oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Mendagri juga turut menyerahkan sertifikat penghargaan kepada sejumlah pemerintah daerah (Pemda) yang menjadi nomine pemenang. ALI 2024 tahun ini mengambil tema "Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha". Selain Mendagri, hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Tirta Nugraha Mursitama dalam laporannya mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kementerian/lembaga (K/L) dan Pemda yang telah berhasil masuk dalam nomine ALI 2024.

Tirta mengungkapkan, Kementerian Investasi/BKPM diberikan mandat untuk melaksanakan kegiatan ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2020, Peraturan Menteri Investasi/Kepala BKPM Nomor 2 Tahun 2002, dan Keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM Nomor 134 Tahun 2023. Penilaian kinerja tahun ini melibatkan 38 pemerintah provinsi, 415 pemerintah kabupaten, 95 pemerintah kota, dan 18 kementerian/lembaga.

"Adapun tujuan utama dari kegiatan penilaian kinerja ini adalah memberikan gambaran umum, evaluasi, dan kualitas kinerja, serta memberikan Anugerah Layanan Investasi," katanya di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (30/9/2023).

Adapun penilaian penghargaan ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu penilaian mandiri, penetapan nomine, serta terakhir pemaparan, uji petik, hingga penyerahan ALI 2024. “Kinerja kementerian/lembaga pada tahun 2024 ini, seluruh kementerian/lembaga telah berhasil dengan kategori yang sangat baik. Ini adalah prestasi yang luar biasa,” tambahnya.

Sedangkan hasil penilaian untuk Pemda, terdapat 441 Pemda (81 persen) dalam kategori sangat baik dan baik, serta sebanyak 105 Pemda (19 persen) dalam kategori kurang baik. Sementara prestasi sangat baik dan baik tersebut meningkat 17 persen dibandingkan dengan capaian penilaian kinerja tahun 2023.

"Tentu Kementerian Investasi berkomitmen terus untuk memperbaiki iklim investasi dan berupaya menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi pertama di dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Perkasa Roeslani dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda dan K/L yang telah berkolaborasi dengan Kementerian Investasi. Kolaborasi ini terutama dalam rangka meningkatkan pelayanan, perbaikan iklim industri, iklim investasi, dan meningkatkan daya saing.

“Kita harus terus melakukan penyempurnaan, kita harus terus melakukan reformasi kebijakan, policy, dan regulasi dalam rangka kita meningkatkan iklim investasi kita. Apalagi dengan adanya Undang-Undang Cipta Kerja yang telah menaungi, bahwa kita telah menjadi terbuka,” ujarnya.

Dia membeberkan, sejak tahun 2021 telah terjadi peningkatan layanan investasi yang cukup signifikan untuk Indonesia ke depan. Adapun investasi hingga bulan Juni 2024 ini sebesar Rp6.931 triliun, dan pada akhir 2024 ini akan mencapai Rp6.360 triliun. "Ini adalah kenaikan kurang lebih pertumbuhan antara 18 persen setiap tahunnya, dan ini adalah peningkatan investasi sebesar 90,2 persen dibandingkan dengan lima tahun yang lalu," ungkapnya.

Capaian realisasi ini menunjukkan bahwa kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah direspons dengan baik dan positif. Hal ini berdampak pada peningkatan sebaran investasi yang sejak tahun 2020 sudah lebih banyak terjadi di luar Pulau Jawa. Rosan menambahkan, dari sisi penciptaan tenaga kerja, angka penyerapan tenaga kerja total selama Kabinet Indonesia Maju sebanyak 7.188.479 tenaga kerja di Indonesia, atau rata-rata per tahunnya 1.437.695 jiwa.

“Karena kita ketahui penciptaan lapangan pekerjaan adalah merupakan PR atau tantangan kita, yang harus kita lakukan secara terus menerus,” tuturnya.

Sebagai informasi, nomine penerima ALI 2024 untuk kategori Penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia, yaitu: Provinsi Papua, Kabupaten Merauke, dan Kota Ambon. Lalu, nominee penghargaan Kategori Kota, yaitu: Kota Bukittinggi, Manado, Metro, Palembang, Serang, Surabaya, Surakarta, dan Tegal. Kemudian nomine penerima penghargaan Kategori Kabupaten, yaitu: Kabupaten Asahan, Badung, Cianjur, Dharmasraya, Gresik, Semarang, Siak, dan Sragen.

Terakhir, nomine penerima Penghargaan Kategori K/L, yaitu: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BPTN), Kementerian Kelautan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, serta Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dari nomine tersebut, para pemenang Penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia secara berurutan yaitu: Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kabupaten Merauke, dan Pemerintah Provinsi Papua. Lalu, pemenang Kategori Kota secara berurutan yaitu: Kota Surabaya, Surakarta, dan Manado. Kemudian, pemenang Kategori Kabupaten secara berurutan, yaitu: Kabupaten Badung, Siak, dan Sragen. Selanjutnya, pemenang Kategori Provinsi secara berurutan yaitu: Jawa Barat, Maluku, dan Sumatera Selatan. Terakhir, pemenang Kategori K/L secara berurutan, yaitu: Kementerian Pertahanan, Kementerian PUPR, dan KLHK.

(Ferdi).




 
Berita Lainnya :
  • Orasi di FK USK, Pj Gubernur Safrizal: 25% Anak-anak Indonesia Bercita-Cita Jadi Dokter
  • Satgas Yonif 642/Kps Bersama Dinas Kesehatan dan Masyarakat Laksanakan Senam Bersama
  • Peduli, Pj. Walikota Tebing Tinggi Kunjungi Anak Putus Sekolah di Kelurahan Karya Jaya
  • Tidak Ada Ampun Bagi ASN Pelanggar Pemilu di Pasaman, Gakumdu Terapkan Wilayah 'Zero Tolerensi'
  • Sertu Heriyanto Bantu Masyarakat Pasang Paving Blok Jalan di DusunTegalombo
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Orasi di FK USK, Pj Gubernur Safrizal: 25% Anak-anak Indonesia Bercita-Cita Jadi Dokter
    02 Satgas Yonif 642/Kps Bersama Dinas Kesehatan dan Masyarakat Laksanakan Senam Bersama
    03 Peduli, Pj. Walikota Tebing Tinggi Kunjungi Anak Putus Sekolah di Kelurahan Karya Jaya
    04 Tidak Ada Ampun Bagi ASN Pelanggar Pemilu di Pasaman, Gakumdu Terapkan Wilayah 'Zero Tolerensi'
    05 Sertu Heriyanto Bantu Masyarakat Pasang Paving Blok Jalan di DusunTegalombo
    06 Ingin Masyakarat Nilai Kualitas Pemimpinnya, Tim Danny-Azhar Soroti Jadwal Debat Dibatasi
    07 Kemendagri Minta Pemda Betul-Betul Pahami Perkembangan Inflasi
    08 Front komunitas Indonesia Satu Madina Nilai Bawaslu Chaotic
    09 Meminimalisir Imbas Bencana, Pj Gubenur Aceh Bentuk Kencana di Setiap Kecamatan
    10 Satgas Yonif 323 Berbagi Kasih di HUT TNI Ke-79 di Kampung Aminggaru
    11 Lautan Manusia Hadiri Kampanye AYO di Kasang Limau Sundai
    12 Gawat Dugaan Pungli! Peserta Didik SMAN 1 Tumijajar Bayar Uang Komite Rp.3.750.000.
    13 Gara-gara Besi Tua Warga Sibanggor Julu Masuk Penjara
    14 Pj Gubernur Safrizal Bakar Semangat Atlet NPCI Aceh yang akan Berlaga di Peparnas Solo
    15 Blusukan ke Pasar Jadi Agenda Penting Danny - Azhar, Jubir: Denyut Nadi Ekonomi Rakyat Sulsel
    16 Penasehat Hukum Hadirkan Ahli Pidana pada Persidangan Prapid Rosmaida Sitompul
    17 Buka TMMD Sengkuyung Tahap IV di Desa Pagak, Bupati Sragen Sampaikan Dampak TMMD
    18 Kasad Dampingi Presiden Jokowi Peringati Kesaktian Pancasila di Monumen Lubang Buaya
    19 Ribuan Kader PKN Hadiri Peringatan Dirgahayu ke 5 di Graha Bhineka Perkasa Jaya Deliserdang
    20 Raih Juara Umum 2 Kategori Remaja, Pangdam XII/Tpr Apresiasi Kontingen Pencak Silat Piala Kasad
    21 Hari Kesaktian Pancasila Momentum Terus Jaga Nilai-Nilai Pancasila
    22 Asri Ludin Tambunan Dapat Dukungan Penuh dari LDII
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © zoinnews.com